STKIP Bina Bangsa Meulaboh Melepaskan 121 Mahasiswa KKN di Aceh Barat dan Nagan Raya

By STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Berita, UP2M

Published on 18 Desember 2023

Meulaboh, 18 Desember 2023 – Sebanyak 121 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bina Bangsa Meulaboh melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan I tahun 2023. Kegiatan ini bertujuan memberikan berkontribusi pada masyarakat, pengalaman hidup bermasyarakat, serta mengembangkan diri mahasiswa selama berada di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya.

Ketua STKIP Bina Bangsa Meulaboh Dr. Drs. Musdiani, M.Pd, dalam keterangannya, menyampaikan bahwa KKN menjadi bagian integral dalam kurikulum pendidikan tinggi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat positif baik bagi mahasiswa maupun masyarakat yang menjadi tujuan desa KKN.

“KKN menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa dari perguruan tinggi sebelum memperoleh gelar sarjana. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat merasakan langsung kehidupan masyarakat, mengembangkan diri, serta menerapkan pengetahuan akademik yang telah diperoleh selama perkuliahan,” ungkap Ketua STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Bapel KKN Rita Oktavia, M.Si menyampaikan laporan singkatnya “mahasiswa yang akan dilepaskan dalam KKN sebanyak 121 yang tersebar di 2 kabupaten, 11 kecamatan, dan 17 desa selama satu bulan penuh.” Meskipun tidak semua perguruan tinggi mewajibkan KKN, namun manfaatnya yang cukup signifikan membuat kegiatan ini tetap diminati oleh mahasiswa.

Pada kesempatan yang sama Wakil ketua I Dian Kristanti, M.Pd beserta Wakil Ketua II Syah Mohd. Hadiid Thaariq, M.Si Turut menyampaikan pesan agar mahasiswa tetap menjaga etika dan menjaga diri dengan baik.

Manfaat yang dapat diperoleh dari KKN tidak hanya sebatas pada perkembangan akademis mahasiswa, tetapi juga memberikan dampak positif pada masyarakat setempat. Beberapa manfaat tersebut antara lain peningkatan kepedulian sosial, penerapan ilmu dalam masyarakat, pengembangan diri, peningkatan kreativitas bersama masyarakat, peningkatan kesehatan masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

“Kami berharap, selama melaksanakan KKN, mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan sekaligus memperkaya pengalaman hidup mereka. Ini adalah momen berharga untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dalam lingkungan nyata,” tambah Ketua STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STKIP BBM juga mengingatkan mahasiswa tentang pentingnya berkolaborasi, berintegritas, dan menjaga sikap selama melaksanakan KKN. Hal ini diharapkan dapat memaksimalkan manfaat yang dapat diperoleh oleh kedua belah pihak, baik mahasiswa maupun masyarakat setempat.

Tags: , , , ,

Optimized by Optimole