Sosialisasi Penerapan Kurikulum Pendidikan di STKIP Bina Bangsa Meulaboh

By STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Berita

Published on 22 Maret 2023

Meulaboh (22/3/2023) –

Kurikulum Merdeka, STKIP Bina Bangsa Meulaboh bekerja sama dengan Unit Penjaminan Mutu STKIP Bina Bangsa Meulaboh menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penerapan Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri pada Satuan Pendidikan Jenjang SD dan SMP Kabupaten Barat yang bertempat di Gedung Aula STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Aceh Barat.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh Dosen, Tenaga Administrasi, Mahasiswa STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Guru dan Kepala Sekolah Jenjang SD,SMP dan SMA Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan diawali dengan arahan dan sambutan dari Ketua STKIP Bina Bangsa Meulaboh Dr. Drs. Musdiani, M.Pd yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik Dian Kristanti, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dr. Drs. Musdiani, M.Pd, menyampaikan selamat datang kepada para peserta di Aula STKIP Bina Bangsa Meulaboh dan menyampaikan

“Kurikulum Merdeka ini merupakan kurikulum yang tadinya disebut Kurikulum Prototipe, yang kemudian diresmikan dan diluncurkan Kemendikbudristek dengan nama Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini memiliki keunggulan yaitu lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, lebih relevan dan interaktif” jelasnya.

Kemudian yang menjadi narasumber utama pada sosialisasi Kurikulum Merdeka ini yaitu Wakil Ketua I Bidang Akademik, Dian Kristanti, M.Pd. Beliau memaparkan materi kebijakan Kurikulum Merdeka dan dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab dengan peserta.

Kurikulum Merdeka terbuka untuk digunakan seluruh satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Khusus, dan Kesetaraan.

Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi siswa.

 

Terlampir :

Surat Undangan Sosialisasi Kurikulum

Materi BIMTEK MBKM

Optimized by Optimole