Pembuatan Urea Molases Blok (UMB) dan Insektisida Alami Pembasmi Ektoparasit di Desa Alue Tampak Kaway XVI

By STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Berita, Biologi, UP2M

Published on 2 Oktober 2023

Tim pengabdian Masyarakat STKIP Bina Bangsa Meulaboh Telah melakukan Kegiatan Lanjutan bersama Mitra Kelompok Peternak Kerbau Desa Alue Tampak Kaway XVI Aceh Barat. Pada hari Minggu tanggal 01 Oktober Tim bersama mitra Melakukan Kegiatan Pendampingan Praktek Pembuatan Pakan tambahan/ Suplement bagi kebutuhan Nutrisi Ternak Kerbau dan Pembuatan Urea Molases Blok (UMB). Kegiatan tersebut di hadiri 11 Peternak desa Alue Tampak dan 5 Tim Pengabdian STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Adapun hasil dari praktek pembuatan UMB tersebut, peternak merasa tertarik dan berminat untuk melakukan pembuatan UMB. Jika diamati dari data awal bahwa Peternak belum pernah membuat UMB, dan juga belum pernah mendapat pelatihan tentang pembuatan UMB. Dengan demikian tujuan pengabdian tercapai yaitu dapat meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan mitra tentang UMB.

Dihari yang sama, Tim Pengabdian juga melakukan Praktek Pembuatan Insektisida alami sebagai penurunan populasi Ektoparasit pada kerbau. Formula Insektisida alami adalah Penggunaan Jarak pagar (Jatropha curcas), daun sereh (Chybopogon citratus) kedua tanaman ini diformulasikan pengusir ektoparasit seperti kutu dan caplak, sedangkan sereh pengusir ektoparasit sejenis lalat, berdasarkan hasil riset relevan. Pada kesempatan ini, juga peternak menyampaikan bahwa belum pernah membuat formula insektisida alami pengusir ektoparasit. Selanjutnya, untuk peningkatan pemahaman Tim Pengabdian PMP STKIP Bina Bangsa Meulaboh, melakukan serah terima Modul dengan Judul “Produktivitas Ternak Kerbau (Pengendalian Ektoparasit dan Pemberian Suplement)”. Kegiatan ini di danai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Untuk tahapan selanjutnya Tim Pengabdian STKIP Bina Bangsa Meulaboh bersama Mitra dapat melakukan kerjasama bidang pengembangan produksi ternak kerbau dengan menggait lembaga pemerintah dan kementerian secara nasional. 

Tags: , ,

Optimized by Optimole